Cara Akurat Menghitung Berat Badan Ideal Anak Dari Tahun Ke Tahun

Cara Akurat Menghitung Berat Badan Ideal Anak Dari Tahun Ke Tahun

Sebagai orang tua Anda harus selalu memastikan berat badan ideal anak. Namun pertanyaan yang akan muncul berikutnya adalah berapa berat badan ideal untuk anak ini? Sebab dengan bertambahnya usia secara otomatis akan berbeda pula berat badan yang ideal.

Orang tua mana yang tidak khawatir menganai tumbuh kembang dari anak-anaknya. Apakah si kecil sudah tumbuh dengan baik ataukan belum. Sedangkan salah satu faktor yang bisa digunakan untuk mengukurnya adalah berat badan.

Untuk itulah penting bagi para orang tua untuk tahu sebenarnya berapa rata-rata berat badan yang ideal anak sesuai dengan usianya? Dan untuk memperoleh hasil yang akurat tentunya ada caranya tersendiri.

Untuk tahu apakah balita Anda sudah tumbuh dengan baik ataukah belum bisa diidentifikasi dengan mengukur berat badannya, tinggi badannya, dan juga ukuran lingkar kepalanya. Semua fator ini biasanya dihubungkan dengan yang namanya grafik pertumbuhan.

Namun ternyata masih banyak orang tua yang selalu merasa anaknya kurus, padahal sebenanrnya jika dilihat dalam grafik pertumbuhannya, anak tidaklah kurus. Maka dari itu grafik pertumbuhan ini bisa dijaikan pedoman para orang tua mengenai berat badan ideal balita sesuai dengan usia dari si kecil.

Jadi kesimpulannya adalah grafik pertumbuhan ini merupakan salah satu standar dari setiap pemeriksaan, serta untuk memantau atau melihat bagaimana pola tinggi serta berat badan anak dari tahun ke tahun.

Contohnya saja ada seorang anak yang tumbuh dengan sangat baik hingga usia 2 tahun, namun tiba-tiba pertumbuhannya melambat. Kondisi ini langsung bisa diidentifikasi melalui grafik pertumbuhan tersebut.

Namun satu hal yang perlu Bunda pahami adalah tidak ada dua anak yang tumbuh pada tingkat yang sama, sebab setiap tumbuh kembang anak memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Jadi untuk itulah jangan sampai tidak mempertimbangkan hal ini.

Akan tetapi terlepas dari itu semua, pada dasarnya setiap anak dari waktu ke waktu memiliki berat badan ideal sendiri-sendiri. Lantas bagaimana cara menghitung berat badan ideal pada anak ini?

Patokan Berat Badan Ideal Balita

Bayi yang baru lahir umumnya memiliki berat badan 3 sampai 3,5 kg. Sedangkan setelah umur 5 bulan berat badan ideal pada bayi adalah 2 kali berat badan bayi saat pertama kali dilahirkan.

Ketika sudah umur 1 tahun idealnya berat badannya sudah mencapai 3x berat badan saat pertama kali dilahirkan. Kemudian saat usia 2 tahun idealnya berat badannya sudah bertambah 4x berat badan saat pertama kali lahir.

Sedangkan untuk patokan kenaikan berat badan bayi yang ideal pada tahun pertama adalah sebagai berikut ini:

  1. 700-100 gram/bulan di triwulan I
  2. 500-600 gram/bulan di triwulan ke II
  3. 350-450 gram.bulan pada triwulan ke III
  4. Dan 250-350 gram/bulan pada triwulan ke IV.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak

Ada cara mudah yang bisa Bunda praktikkan untuk menghitung apakah berat badan anak sudah ideal ataukah belum. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Anak Usia 3-12 Bulan

Caranya adalah berat badan ideal anak (dalam kg) = (Usia dalam bulan + 9) : 2. Hasilnya merupakan berat badan yang ideal untuk si kecil.

  1. Anak Usia 1-6 Tahun

Caranya adalah berat badan ideal anak (dalam kg) =  (usia dalam tahun x 2) + 8. Hasilnya merupakan berat badan yang ideal untuk si kecil.

Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Supaya bisa mempercepat menaikkan berat badan bayi, memberikan makanan bergizi secara teratur harus Bunda lakukan. Berikut ini beberapa makanan bergizi yang bisa mempercepat penambahan berat badan bayi.

  1. Asi

Untuk memperoleh berat badan ideal bayi usia 6 bulan ke bawah, ASI ini sudah lebih dari cukup. Sebab ASI sudah mengandung lebih dari cukup gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh bayi usia 6 bulan ke bawah.

  1. Susu Formula

Susu formula ini bisa menjadi alternative makanan tambahan untuk bayi usia di atas 6 bulan. Sebaiknya ketika si kecil sudah menginjak usia 6 bulan, jangan hanya bergantung pada ASI saja, sebaiknya tambahkan makanan lain seperti halnya susu formula ini.

Selain itu, untuk Bunda yang sulit memberikan ASI pada anak usia 6 bulan ke bawah, sebenarnya bisa memberikan susu formula ini sebagai alternatif untuk supaya si kecil tetepa mendapatkan nutrisi yang seimbang.

  1. Pisang

Pisang ini bisa dimanfaatkan untuk membentuk berat badan ideal batita. Makanan untuk menambah berat badan si kecil yang satu ini kaya sekali akan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan juga mengandung kalori yang padat.

Pada saat usia bayi 6-8 bulan, sebaiknya pisang diberikan dalam bentuk bubur pisang. Namun setelah usia bayi di atas 8 bulan, pisang ini bisa diberikan dalam bentuk buah langsung.

  1. Daging Ayam

Daging ayam ini dapar diberikan setalah si kecil menginjak usia 8 bulan. Daging ayam ini bisa mempercepat penambahan berat badan bayi lantaran mengandung banyak magnesium, niasin, vitamin B6 dan B12.

Dan yang paling penting sebenarnya adalah lantaran di dalam daging ayam ini kaya sekali akan kandungan protein dan kolesterol sehat di dalamnya. Sehingga saat baik untuk pemambah berat badan.

Seperti itulah caranya. Dikarenakan berat badan ini pengaruhnya cukup besar terhadap tumbuh kembang anak maka upayakan untuk selalu memperhatikan berat badan ideal anak tersebut.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply