Bermain Bersama Anak 1 Tahun Untuk Membantu Meningkatkan Kecerdasannya

Bermain Bersama Anak 1 Tahun Untuk Membantu Meningkatkan Kecerdasannya

Bermain bersama anak tidak bisa dipandang sebalah mata. Bagi anak, bermain sebetulnya adalah saat ia mulai belajar. Melalui mainan atau permainan, anak mengeksplorasi dunia di sekelilingnya. Jadi, usahakan acara bermainnya selalu berkualitas, dan mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangannya secara optimal.

Bermain api unggun juga cukup menarik untuk dicoba. Selubungi gantungan handuk dengan selimut, dan bersikaplah seolah itu adalah tenda yang indah. Anda bisa berpura-pura membuat api unggun di luar tenda tersebut, dan mengajak ia bernyanyi, sambil menari-nari di sekeliling api unggun. Sangat menarik sekali sebab Anda dan si kecil  serasa menjadi suku Indian di Amerika.

Ubahlah tempat tidur anak menjadi lautan yang bergelombang. Mudah sekali caranya, Anda hanya perlu menggerak-gerakkan bedcovernya dengan tangan Anda. Si tiga tahun Anda bisa berpura-pura menjadi kura-kura yang berenang lambat, atau hiu yang berenang gesit dan siap menyerang mangsanya. Ia juga bisa menjadi ikan biasa yang mondar-mandir, sambil memamerkan ekor warna-warninya yang indah bisa dengan beberapa syal Anda di kakinya.

Bermain Bersama Anak Dirumah Dengan Mencari Harta Karun

Langkah pertama adalah Anda bisa memasukkan uang-uang logam ke kantung, dan sembunyikan di suatu tempat di dalam rumah. Buatlah peta menuju ke tempat harta karun tersebut tersembunyi. Lengkapi dengan beberapa rintangan, sebelum akhirnya ia bisa mencapai tempat harta karun. Akan lebih seru lagi kalau peta itu Anda sembunyikan dahulu agar ia heboh mencarinya lebih dahulu. Mengajak kakak atau beberapa teman si kecil untuk melakukan permainan ini akan membuat suasana bertambah seru dan menyenangkan.

Selain ketiga permainan itu, sebenarnya masih ada berbagai permainan lain yang tetap seru, seperti petak umpet, perang bantal, pesta gelembung, membuat beberapa burung dari origami lalu menggantungkannya di berbagai tempat di rumah, mewarnai dan lain sebagainya. Intinya, selalu ciptakan permainan kreatif bagi si kecil. Dengan begitu, ia tak henti belajar dari mainan atau permainan apa pun yang ia lakukan, baik sendiri maupun bersama orang lain. Dunia anak adalah dunia bermain. Ia pasti selalu menantikan saat-saat ini.

Bermain Bersama Si Kecil Apa Manfaatnya?

Bermain adalah hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak-anak. Dengan cara bermainlah anak belajar banyak hal, termasuk merangsang otak dan motoriknya. Karena pentingnya bermain bagi anak, Anda sebaiknya ikut terlibat bersama anak. Apalagi fase di mana anak-anak ingin selalu berinteraksi dengan orang tuanya biasanya tidak berlangsung lama. Untuk orangtua, inilah saat yang tepat untuk memulai pembentukan kecerdasan, karakter dan menghabiskan waktu yang berharga untuk menjadi kenangan yang indah bersama buah hati.

Dengan begitu sesibuk apapun Anda, jangan menolak ajakan buah hati Anda untuk bermain bersama ya. Inilah alasan mengapa Anda harus ikut bermain bersama si Kecil.  Berikut ini beberapa manfaat bermain dengan si kecil ;

– Dapat membantu si kecil mengembangkan berbagai kemampuan

Dengan melakukan permainan yang bisa dipraktikkan secara langsung, Anda membantu anak untuk melengkapi dirinya dengan keterampilan dasar yang akan berguna di fase-fase kehidupan selanjutnya. Kemampuan dasar  ini dapat membantu anak dalam bersosialisasi dengan anak-anak seusianya. Mereka jadi percaya diri saat bermain bersama teman-temannya.  Selain melatih kemampuannya bersosialisasi, Anda juga dapat   membantu anak untuk melatih kemampuannya dalam mengendalikan diri sendiri.

Ketika dia marah, misalnya, Anda bisa mengingatkan Si Kecil. Dengan begitu, secara tidak langsung anak jadi belajar tentang aturan. Kompetensi anak juga dapat terasah lewat permainan peran yang melibatkan orang tua. Tak hanya itu, motorik anak juga menjadi lebih terlatih, begitu pula dengan  kepemimpinan dan perkembangan pola pikir anak. Hal ini tentu saja membantu anak dalam menekan kadar stresnya. Anak jadi tidak gampang marah dan merengek.

– Membuat hubungan anak dan orang tua menjadi semakin dekat

Terdapat kelebihan hubungan yang dibangun antara orangtua dengan anak lewat berbagai sesi bermain bersama. Permainan yang dilakukan bersama orangtua telah terbukti berkontribusi pada kemampuan anak untuk memberikan struktur pada interaksi sosial di awal kehidupannya dibandingkan dengan permainan bersama saudara kandungnya. Kelebihan lainnya terletak pada kemampuan orangtua untuk memberikan alternatif permainan yang lebih dewasa kepada anak.

Pengalaman orangtua membuat permainan menjadi lebih kaya dan merangsang daya imajinasi anak, sesuatu yang belum tentu diperoleh jika anak hanya berkesempatan bermain dengan saudara atau teman sebayanya. Bermain dengan ayah akan memberikan manfaat yang berbeda dengan ketika anak berkesempatan bermain dengan ibu.

Permainan dengan ayah biasanya dapat membuat anak lebih aktif secara fisik, sementara bermain dengan ibu membuat anak lebih terlibat secara verbal dan sesuai instruksi. Keduanya sama pentingnya bagi perkembangan anak secara seimbang dari segi fisik, maupun dari segi kemampuan mengekspresikan dirinya sendiri.

–  Dapat melepas hormon oxytocin

Produksi hormon ini membantu baik orang tua maupun anak untuk semakin akrab dan semakin terlibat secara sosial dan emosional. Karenanya, orangtua dan anak akan sama-sama mampu merasa rileks dan terbebas dari stres hanya dengan melakukan permainan bersama-sama.

Untuk bermain bersama anak, orangtua harus secara aktif melakukan observasi, belajar mendengarkan, memberikan dukungan, berbicara dan memahami. Pastikan permainan yang dilakukan akan menyediakan interaksi antara satu sama lain dalam bentuk percakapan yang tidak dipotong dengan porsi yang seimbang. Biarkan anak mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dan sensasi yang muncul. Biarkan anak memegang kendali sesekali namun tetap dengan menjaga kesopanan. Selain itu Anda juga  bisa memberikan susu anak 1 tahun di sela permainan.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply