Beragam Manfaat Yang Didapatkan Ketika Anak Belajar Nyanyi

Beragam Manfaat Yang Didapatkan Ketika Anak Belajar Nyanyi

Ibu harus senang sekali jika ibu melihat anak belajar nyanyi. Ibu akan berpikir anak ibu nanti akan mengalami perkembangan bahasa yang begitu pesat. Bagaimana pun juga, kegiatan menyanyi akan membuat perbendaharaan kata anak semakin banyak dan kemampuan pengucapan kata per kata akan semakin baik.

Namun, ternyata tidak hanya itu saja yang akan didapatkan oleh si kecil ketika ia mulai belajar bernyanyi. Masih banyak lagi manfaat yang didapatkan jika anak ibu mau belajar bernyanyi.

Mencegah Cadel

Sangat alamiah sekali jika anak kecil yang baru belajar bicara mengalami cedal. Akan tetapi, hal ini menjadi mengkhawatirkan jika di usia yang ke 5 tahun sang buah hati hati masih mengalami cedal.

Sebenarnya, para peneliti sudah menemukan apa saja faktor yang menyebabkan anak cedal. Selain itu, mereka juga mengetahui terapi yang efektif untuk mengatasi cedal.

Dari beberapa kasus yang terjadi di mana anak mengalami cedal, hal tersebut lebih disebabkan oleh faktor psikologis. Anak yang sering diajak berbicara dengan bahasa cedal cenderung akan mengucapkan kata dengan cedal. Meskipun demikian, ada juga faktor lain, yaitu faktor fisiologis. Artinya, organ seperti lidah dan mulut si kecil kurang sempurna sehingga ketika mengucapkan huruf tertentu terdengar cedal.

Salah satu terapi untuk mengatasi cedal ini adalah dengan bernyanyi. Oleh sebab itu, salah satu manfaat anak belajar bernyanyi adalah mencegah cedal. Semakin banyak lagi yang dihafalkan dan mampu ditirukan oleh si kecil, maka artikulasinya akan semakin sempurna sehingga cedal bisa dicegah.

Belajar Nyanyi Berarti Melakukan Senam Wajah

Ada yang bilang anak yang suka bernyanyi, terutama menyanyikan lagu yang ceria memiliki wajah yang cerah. Mereka menganggap hati yang ceria membuat wajahnya terlihat lebih cerah dan bersinar. Kegembiraannya terpancar dari wajahnya.

Hal tersebut bisa saja benar. Namun, ada penjelasan lain yang harus ibu ketahui. Bernyanyi merupakan kegiatan senam wajah. Artinya, saat si kecil bernyanyi, ia sebenarnya secara tidak disadari melakukan senam wajah. Dan hal inilah yang membuat kulit wajah kencang dan akhirnya wajahnya terlihat cerah dan ceria.

Penjelasan mana yang menurut ibu masuk akal? Sepertinya keduanya sangat masuk akal. Jadi, biarkan saja anak belajar nyayi terus menerus. Selain untuk memperbaiki artikulasi, kegiatan ini juga bagus untuk membuat ia bahagia dan wajahnya pun terlihat lebih cerah.

Anak Yang Suka Bernyanyi Itu Cerdas

Apa hubungan antara belajar bernyanyi dengan kecerdasan? Ternyata ada hubungannya. Ibu tidak harus memaksa si kecil untuk rajin membaca dan belajar agar ia cerdas. Cukup dengan membiarkannya bermain dan belajar bernyanyi. Itu artinya ibu sudah membuat si kecil berkembang lebih cerdas.

Menurut para ahli, bernyanyi itu melibatkan dua otak, yaitu otak kanan dan otak kiri. Sementara itu, anak yang cerdas adalah anak yang mampu mengoptimalkan perkembangan otak kanan dan otak kiri.

Saat anak belajar bernyanyi, dua bagian otak aktif. Otak yang kanan menghafalkan syair atau bait lagu. Sementara itu, otak sebelah kiri mengingat tangga nada. Jadi, dengan bernyanyi, kedua otak aktif dan ini bagus untuk kecerdasan anak.

Banyak orang yang hanya memiliki kecerdasan otak kanan saja. Sementara itu, otak kiri tidak optimal sehingga kecerdasannya tidak bisa dikembangkan secara maksimal. Dengan membiarkan anak belajar bernyanyi mulai dari kecil, ibu sudah membantu untuk membuat jembatan antara otak kanan dan otak kiri. Ketika keduanya diaktifkan, maka si kecil akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Mencegah Anak Mendengkur

Beberapa balita sudah mengalami masalah dengan mendengkur. Secara ilmiah, mendengkur saat tidur itu artinya ada masalah dengan sistem pernafasan. Hal ini bisa dicegah dengan cara mengajarkan anak untuk bernyanyi.

Bernyanyi tidak hanya melatih artikulasi tapi juga melatih pernafasan. Mendengkur saat tidur disebabkan adanya yang menyumbat pada sistem pernafasan. Dengan belajar bernyanyi, sumbatan tersebut akan dihilangkan. Pasalnya, saat belajar bernyanyi, anak juga belajar menarik nafas dalam-dalam sehingga sistem pernafasan menjadi lebih baik dan lebih lancar.

Dan jika ini berhubungan dengan sistem pernafasan ini, ada juga kaitannnya dengan asma. Jadi, ketika anak belajar nyanyi, ia sedang memperbaiki sistem pernafasan sehingga risiko terkena asma bisa dihindari.

Jadi, beruntung sekali jika anak ibu suka belajar bernyanyi. Atau jangan-jangan anak ibu memang berbakat dalam bidang tarik suara. Jika ya, maka tidak salah jika ibu memasukkan ke kelas kursus bernyanyi. Dengan demikian, bakat alaminya tersalurkan dan bisa dikembangkan sejak dini.

Ada juga anak yang hanya suka bernyanyi tapi tidak memiliki bakat bernyanyi. Tetap saja ibu harus mendorongnya untuk terus belajar bernyanyi mengingat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh si kecil.

Untuk menunjang kemampuan bernyanyi, kecerdasan otaknya juga harus diasah. Bagaimana anak bisa lancar belajar bernyanyi jika ia sulit menghafalkan lagu? Oleh sebab itu, beri susu pertumbuhan anak yang terbaik. Susu Friso Gold 4 diformulasikan untuk mengptimalkan perkembantan otak anak usia 3 hingga 12 tahun. Dengan memberikan susu untuk pertumbuhan anak yang terbaik ini, maka perkembangan otak anak akan lebih optimal. Ia akan mudah menghafal sesuatu hal yang baru, terutama lagu-lagu yang baru. Dengan demikian proses belajar bernyanyi anak akan semakin baik.

Keterlibatan ibu dalam proses belajar bernyanyi juga diperlukan. Semakin sering ibu menemani si kecil bernyanyi, maka anak belajar nyanyi akan semakin bersemangat.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply