Benarkah Manfaat Daun Katuk Untuk Memperlancar ASI? Fakta Atau Mitos

Benarkah Manfaat Daun Katuk Untuk Memperlancar ASI? Fakta Atau Mitos

Sebenarnya fakta atau mitos jika manfaat daun katuk bisa memperlancar ASI? Banyak info di masyarakat yang mengatakan bahwa daun katuk ini bisa melancarkan ASI. Tetapi apakah ini benar adanya?

Selalu memenuhi kebutuhan ASI si kecil memang sangat penting untuk Bunda lakukan. Setiap ibu pasti ingin yang terbaik untuk bayinya. Maka dari itu sudah pasti setiap ibu ingin memberikan ASI ekslusif untuk buah hatinya.

Tetapi terkadang niat mulai seperti ini tidak didukung dengan kondisi dari ibu sendiri. Ada kalanya ASI ibu ternyata hanya keluar sedikit sehingga niatan untuk memberikan ASI ekslusif untuk si kecil tidak bisa dilakukan.

Ketika ASI sulit keluar, hal pertama yang terlintas di dalam pikiran Anda pastinya adalah mencari cara supaya ASI bisa menjadi lancar. Dan tentunya Anda pernah dengar jika daun katuk bisa meningkatkan produksi ASI.

Dengan produksi ASI yang semakin meningkat, maka secara otomatis ASI yang keluar juga akan semakin banyak. Dan pada akhirnya kebutuhan ASI si kecil bisa terpenuhi. Pertanyaanya adalah apakah ini benar atau hanya sugesti saja?

Popularitas Daun Katuk Untuk Memperlancar ASI

Bunda tentunya sangat sepakat jika ASI ini merupakan makanan utama bayi yang mengandung seluruh gizi dan nutrisi yang diperlukan guna mendukung tumbuh kembang bayi.

Tetapi masalahnya ada beberapa ibu ada yang kesulitan memberikan ASI kepada si kecil lantaran ASI yang sulit keluar. Banyak yang ditengah jalan ASI yang keluar sedikit sehingga sudah pasti tidak cukup untuk bayi.

Maka dari itu, berbagai cara dilakukan oleh ibu supaya bisa memberikan ASI yang cukup untuk bayinya. Dan salah satu cara tradisional yang dipercaya turun temurun oleh masyarakat di Indonesia adalah dengan mengkonsumsi daun katuk.

Daun katuk adalah jenis tanaman yang tumbuh dengan subur di Indonesia serta beberapa negara di Asia yang dikenal memiliki banyak sekali manfaat. Dan salah satu khasiat daun katuk adalah untuk memperlancar ASI.

Oleh sebab itu, ketika ibu menyusui mengalami situasi ASI sulit keluar maka biasanya banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi daun katuk. Daun katuk ini cara mengkonsumsinya bisa dengan dimasak atau bisa juga dijadikan sebagai lalapan.

Bahkan ada beberapa yang mengkonsumsinya dengan dijadikan jamu atau ada juga yang merebusnya lalu air hasil rebusannya kemudian diminum. Dan ternyata saat ini sudah banyak produk pelancar ASI yang memanfaatkan daun katuk sebagai bahan utamanya.

Benarkah Daun Katuk Bisa Memperlancar ASI?

Beberapa hasil dari penelitian menunjukkan jika ternyata daun katuk ini dapat melancarkan produksi ASI. Salah satu buktinya adalah hasil penelitian yang diterbitkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI di tahun 2004.

Penelitian tersebut menunjukkan jika pemberian ekstrak dari daun katuk pada ibu menyusui dengan dosis 3 x 200 mg per hari selama 15 hari paska melahirkan bisa meningkatkan produksi ASI jika dibandingkan dengan ibu menyusui yang tidak diberikan ekstrak daun katuk.

Penelitian tersebut dilakukan pada 96 ibu menyusui yang dibagi menjadi dua kelompok. Hasilnya ibu menyusui yang diberikan ekstrak daun katuk bisa meproduksi ASI 50,7% lebih banyak jika dibandingkan dengan yang tidak diberikan ekstrak daun katuk.

Bukti lain yang menunjukkan jika fungsi daun katuk adalah untuk melancarkan ASI adalah revew dari A. J. A. Petrus tentang Sauropus androgynus (L.) Merr (daun katuk) yang diterbitkan oleh Asian Journal of Chemistry.

Review tersebut menjelaskan bahwa kenapa daun katuk bisa melancarkan ASI dikaranakan mengandung galactagogue. Galactagogue ini merupakan senyawa yang bisa memicu peningkatan produksi ASI.

Selain itu, kandungan lain yang ada di dalam daun katuk adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, B, dan C, kalisium, zat besi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh sebab itu, selain bisa memperlancar ASI, daun katuk juga memiliki manfaat lainnya. Salah satunya adalah sebagai antioksidan.

Alasan lain kenapa daun katuk bisa memperlancar produksi ASI dikaranakan efek hormonal yang ditimbulkannya. Salah satu penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Neutrigenetics and Nutrigenomics di tahun 2010 telah membuktikan jika daun katuk bisa meningkatkan ekspresi gen prolaktin dan juga oksitosin pada tikus yang menyusui.

Dan penting juga untuk diketahui oleh para ibu menyusui bahwa hormon prolaktin dan oksitosin ini merupakan dua hormon yang dapat mempengaruhi lancar tidaknya produksi ASI.

Untuk Melancarkan ASI Tidak Cukup Hanya Mengkonsumsi Daun Katuk Saja

Di atas sangat jelas disebutkan jika salah satu senyawa yanng bisa meningkatkan produksi ASI adalah senyawa galactagogue. Ternyata selain terkandung di dalam daun katuk, senyawa galactagogue ini juga bisa ditemukan dalam alfaalfa, blassed thistle, dan fenugreek.

Tetapi yang perlu dipahami adalah galactagogue ini hanya bekerja ketika ASI dikeluarkan atau saat diisap oleh si kecil. Maka dari itu, galactagogue yang terkandung di dalam daun katuk ini lebih efektif untuk meningkatkan produksi ASI pada saat menyusui dan ibu sering memberikan ASI kepada si kecil.

Oleh sebab itu jika ibu hanya mengandalkan daun katuk tetapi jarang menyusui si kecil, maka pelancar ASI alami daun katuk ini tidak dapat bekerja secara maksimal. Jadi dalam hal ini ibu juga ikut berperan besar.

Bagi ibu menyusui, mungkin saja daun katuk ini akan menjadi makanan wajib. Apalagi bagi ibu yang mengalami masalah ASI keluar sedikit. Tetapi perlu diingat juga bahwa konsumsi daun katuk harus juga dibarengi dengan pemberian ASI lebih sering, supaya produksi ASI bisa maksimal. Dan pada akhirnya ibu bisa merasakan manfaat daun katuk.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply