Beberapa Varian Obat Batuk Pilek Untuk Bayi 0-6 Bulan

Beberapa Varian Obat Batuk Pilek Untuk Bayi 0-6 Bulan

Boleh tidak memberikan obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan? Pada kenyataannya, banyak lho obat untuk meredakan pilek dan batuk pada bayi. Perusahaan farmasi memproduksi obat tersebut. Itu artinya boleh-boleh saja memberikan obat batuk dan pilek untuk bayi.

Akan tetapi, tentu saja ibu tidak mau memberikan obat begitu saja. Ibu harus tahu obat seperti apa yang terbaik untuk bayi. Ingat ya bu, bayi itu masih murni. Sebaiknya sejak bayi, si kecil tidak mendapatkan terlalu banyak obat-obatan kimia agar ia tidak mengalami ketergantungan dengan obat-obatan kimia.

obat batuk pilek bayi 0-6 bulan

www.ibudanbalita.com

Para ahli kesehatan bayi menyarankan agar meminimalisir obat, terutama obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Alasannya hanya satu, yaitu agar sistem kekebalan tubuh anak semakin kuat sehingga tubuh bisa melakukan proses penyembuhan sendiri.

Lalu, bagaimana dengan obat batuk pilek bagi bayi 0-6 bulan? Dalam hal ini, ibu harus tahu obat tidak hanya yang diproduksi oleh perusahaan farmasi lho. Berikut ini beberapa varian obat batuk dan pilek untuk bayi.

Terapi Uap

Ibu pernah membawa si kecil ke baby spa? Sesekali ibu bisa membawanya ke tempat tersebut. Baby spa merupakan tempat terapi yang bagus untuk bayi lho. Selain baik untuk tumbuh kembang bayi, terapi yang satu ini juga sangat dibutuhkan ketika bayi mengalami masalah kesehata. Contohnya saja batuk dan pilek. Si kecil akan diterapi menggunakan uap.

Tenang saja bu. Terapi ini dilakukan oleh orang yang profesional. Therapist sudah berpengalaman dan memiliki keilmuan tentang bagaimana melakukan terapi uap. Ada alat khusus yang digunakan untuk melakukan terapi.

Apakah ini menggunakan obat-obatan? Sebenarnya ya. Hanya saja, obat ini tidak berbahaya mengingat obat dimasukkan ke dalam alat yang kemudian menghasilkan uap. Uap tersebut yang akan dihirup oleh si kecil untuk meredakan batuk dan pilek.

Biaya terapi uap ini ternyata tidak mahal lho. Dan yang pasti, pengobatan batuk dan pilek untuk bayi dengan cara yang satu ini jelas lebih aman daripada memberikan obat secara oral.

Aromaterapi

Apakah aromaterapi bisa dikategorikan sebagai obat batuk dan pilek untuk bayi? Ibu sendiri yang menilai. Yang pasti, cara yang satu ini tak kalah efektif untuk mengatasi batuk atau pilek yang dialami oleh si kecil.

Konsepnya hampir sama dengan terapi uap. Hanya saja, letak perbedaannya ada pada alat yang digunakan. Jika ibu membawa si kecil untuk mendapatkan terapi uap, ada alat khusus di mana uap bisa langsung dihirup oleh si kecil. Namun, untuk aromaterapi ini, tidak ada alat khusus yang digunakan. Hanya ember saja.

Untuk membuat aromaterapi, ibu harus siapkan ember dan air panas. Kemudian, campurkan minyak kayu putih atau minyak telon ke dalam air panas yang sudah dimasukkan ke dalam ember tersebut. Biarkan uap yang muncul memenuhi ruangan si kecil. Dengan demikian, uapnya akan terhirup dan batuk pilek mereda.

Sebenarnya tidak hanya minyak kayu putih dan minyak telon saja lho yang bisa ibu gunakan. Ibu bisa gunakan aromaterapi lainnya seperti kayu manis, lemon, dan minyak oregano. Jadi, jangan berpikir untuk memberikan obat-obatan kimia dulu ya bu. Masih ada kok alternatif lainnya yang bisa ibu coba terlebih dahulu sebagai obat batuk dan pilek untuk bayi usia di bawah 6 bulan.

ASI

Sebenarnya ASI itu tidak hanya sebagai makanan dan minuman bayi lho bu. ASI juga berperan sebagai obat. Salah satunya sebagai obat meredakan batuk dan flu. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa.

Di dalam ASI, terdapat satu kandungan yang sangat penting, yaitu antibodi. Memang tubuh si kecil sudah memiliki antibodi sendiri. Dan antibodi tersebut semakin kuat. Akan tetapi, untuk lebih cepat memperkuat sistem imun si kecil, maka dibutuhkan lebih banyak lagi anitbodi. Inilah yang akan menyerang virus atau bakteri penyebab batuk dan flu.

Sayang sekali jika bayi usia di bawah 6 bulan sudah tidak mengkonsumsi ASI atau masih minum ASI namun ibu menambahkan susu formula. Dalam hal ini, ibu harus tahu antibodi itu hanya ada pada ASI. Antibodi tidak didapatkan dari susu formula yang termahal sekalipun.

Itulah mengapa para ahli kesehatan bayi sangat menyarankan agar semua ibu memberikan ASI eksklusif. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan bayi saja. Ternyata, hal ini juga mempengaruhi kesehatan sang buah hati ketika dewasa nanti. Ia tidak akan mudah sakit karena selama 6 bulan mendapatkan ASI saja yang kaya akan antibodi.

Memang agak sulit untuk melakukan sesuatu ketika si kecil masih berusia di bawah 6 bulan. Berbeda jika anak ibu sudah berusia 6 bulan ke atas. Ibu lebih leluasa. Selain bayi sudah boleh mengkonsumsi selain ASI, ibu juga bisa memberikan berbagai jenis obat batuk pilek untuk bayi seperti madu, air lemon, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya tentang bagaimana mengatasi masalah batuk dan pilek pada bayi, ibu bisa kunjungi forum ibu dan balita. Ada banyak sekali ibu yang berbagi ilmu dan pengalaman di forum tersebut. Ibu bisa belajar banyak dari ibu-ibu yang lain.

Yang pasti, ibu tidak boleh gegabah. Lupakan memberikan obat-obatan kimia jika masih ada alternatif lainnya. Beberapa cara tersebut di atas bisa ibu coba terlebih dahulu. Semoga dengan menggunakan obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan tersebut di atas, pilek dan batuk yang dialami oleh si kecil bisa cepat reda.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply