Beberapa Jenis Buah Untuk Bayi 6 Bulan Yang Aman Dikonsumsi

Beberapa Jenis Buah Untuk Bayi 6 Bulan Yang Aman Dikonsumsi

Jika bayi sudah mulai dapat mengonsumsi makanan selain ASI, Anda mungkin harus memberikan buah untuk bayi 6 bulan. Selain untuk pendamping ASI,  buah-buahan juga mempunyai dampak yang baik untuk tumbuh kembang bayi kedepannya. Ketika dalam kandungan ibu memberikan asupan nutrisi dan vitamin dengan mengonsumsi buah-buahan.

Pada usia 6 bulan maka sudah saatnya bayi Anda sendiri yang mencicipi sendiri nikmatnya buah buahan agar ia bisa memperoleh nutrisi dan vitamin yang lebih maksimal.  Namun tentu saja buah yang dikonsumsi perlu diubah terlebih dahulu menjadi makanan yang tepat dikonsumsi untuk bayi.

Saat orang tua memberikan makanan pendamping selain ASI, maka bayi akan terhindar dari risiko alergi makanan.  Apalagi ketika usianya memasuki 6 bulan, sistem pencernaan bayi sudah mulai sempurna sehingga proses penyerapan nutrisi-nutrisinya dapat  maksimal.  Sebenarnya selain buah pisang, jeruk, apel, serta pir, ada juga tomat yang dapat dikonsumsi bayi. Namun buah tomat ini lebih dianjurkan untuk bayi berusia lebih dari 8 bulan. Akan tetapi diantara jenis-jenis buah ini, mungkin buah apel adalah salah satu yang banyak mempunyai khasiat untuk bayi.

Ada beberapa alasan mengapa buah apel sangat disarankan untuk si kecil. Diantaranya apel merupakan makanan yang paling rendah alergi. Disampingitu buah yang satu ini juga mudah dicerna oleh bayi, dan makanan dari apel pun bisa dibuat dengan sangat mudah. Rasanya pun sangat nikmat sehingga banyak bayi yang suka dengan rasa apel. Buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayi dan membantu melancarkan tumbuh kembang bayi. Selain dengan membuat pure apel, Anda juga dapat membuat jus apel untuk buah hati Anda.

Nutrisi yang Terdapat Pada Buah Untuk Bayi 6 Bulan

Pada intinya ketika sudah menginjak usia 6 bulan, anak Anda sudah mulai dapat menerima makanan pendamping selain ASI. Namun ASI tetap saja menjadi makanan utama yang tidak boleh Anda lupakan, sebab bayi masih memerlukan ASI. Beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi ketika sudah mulai diperkenankan mengonsumsi makanan lain selain air susu ibu. Nutrisi yang diperlukan oleh bayi berusia 6 bulan yaitu protein. Di mana protein dapat Anda peroleh dari berbagai jenis daging, misalnya saja daging ayam, daging sapi, ikan salmon, dan lain lainnya. Namun tentu saja makanan-makanan tersebut harus sudah diolah menjadi bubur.

Disamping itu bayi juga membutuhkan lemak, di mana lemak sendiri berfungsi sebagai salah satu sumber energi untuk si kecil. Apalagi bayi juga memerlukan asam lemak esensial yang mempunyai banyak manfaat dalam perkembangan bayi. Disamping itu bayi 6 bulan juga memerlukan asupan karbohidrat yang cukup selain ASI. Namun jumlahnya memang tidak terlalu banyak, yaitu hanya sekitar 68,75 gram  sampai 89,39 gram.

Dan nutrisi lain yang diperlukan oleh bayi adalah vitamin serta mineral. Di mana bayi 6 bulan pasti akan memerlukan vitamin A, B, E, D, K serta C. Dimana asupan vitamin tersebut dapat Anda peroleh dari berbagai jenis sayuran untuk bayi 6 bulan, misalnya saja  sayur bayam, brokoli, seledri, tomat, wortel, serta berbagai jenis buah seperti semangka, jeruk, pisang, pepaya, dan apel.

Manfaat Buah untuk Bayi 6 Bulan

Salah satu cara untuk membuat makanan pendamping ASI yang baik untuk bayi ialah  dengan membuatkan sayuran atau buah lalu dijadikan bubur. Hal ini tentu dikarenakan si kecil belum dapat  menggigit dan juga mencerna makanan secara langsung seperti orang dewasa.  Oleh sebab  itu dibutuhkan beberapa resep khusus dalam membuat makanan pendamping yakni dengan menjadikannya bubur. Namun memang ada beberapa jenis buah yang dapat dikonsumsi langsung oleh bayi. Akan tetapi ada juga yang memang harus diolah terlebih dahulu.

Buah pertama yang dapat dijadikan bubur untuk bayi berusia 6 bulan yaitu  piang. Di mana buah yang satu ini ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk bayi eperti fosfor, vitamin A, kalium, dan juga asam folat. Sebenarnya Anda juga tidak perlu menjadikan pisang sebagai bubur karena teksturnya yang sudah halus. Maka setelah buahnya dikeruk Anda bisa langsung memberikannya kepada buah hati Anda. Selain pisang, ada juga jenis buah untuk bayi 6 bulan lainnya yaitu buah jeruk. Bagi orang dewasa jeruk memang memiliki banyak sekali manfaat dan rasanya pun manis. Ada banyak kandungan gizi utama yang ada di dalam buah jeruk.

Kandungan utama dalam buah jeruk adalah vitamin C, namun selain ituada juga kalium, kalsium, vitamin A, serat dan juga asam folat. Untuk diberikan kepada bayi Anda tidak bisa memberikannya secara langsung seperti pisang. Buah jeruk harus dicuci bersih dulu, diperas dan diambil airnya. Lalu berikan airnya kepada bayi. Selanjutnya ada juga buah apel, buah yang rasanya lezat dan juga memiliki tekstur yang halus. Buah apel ini diperuntukan bagi bayi yang sudah berusia 6 bulan atau di atasnya. Ada banyak kandungan gizi pada buah apel, diantaranya adalah vitamin C dan A, magnesium, kalsium, fosfor, kalium dan juga magnesium.

Anda disarankan untuk membuat pure apel supaya bayi lebih mudah mengonsumsinya. Kupas kulit apelnya, potong kecil-kecil, rendam hingga lunak, dan terakhir blender apel sampai lembut. Buah untuk bayi 6 bulan selanjutnya yaitu buah pir, di mana buah pir ini hampir sama dengan buah apel. Akan tetapi ketika dimakan tekstur buah pir ini lebih berair ketimbang buah apel. Kandungan vitamin C, kalsium, fosfor, dan juga kaliumnya mempunyai banyak khasiat atau manfaat untuk bayi.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply