Apa Saja Sih Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan?

Apa Saja Sih Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan?

Pasca kelahiran, bayi akan tumbuh dengan cepat. Termasuk ketika memasuki usia 4 bulan. Ada banyak perubahan yang termasuk perkembangan bayi usia 4 bulan. Hari demi hari akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Dalam usia 4 bulan, bayi sudah bisa mengekspresikan dirinya melalui senyuman, tertawa dan ekspresi lainnya. Apakah bunda mengetahui apa saja perkembangan yang biasa terjadi ketika bayi berusia 4 bulan?

Mengetahui perkembangan anak terutama diusia dibawah 1 tahun merupakan suatu keharusan. Karena dalam masa ini bunda dapat melihat dan memastikan apakah anak tumbuh dan berkembang dengan sempurna atau perkembangan secara normal. Jadi, sebelum menginjak usia 4 bulan, bunda sudah harus tau seharusnya anak mengalami perkembangan apa saja pada usia 4 bulan nanti.

Namun memang tidak semua orang tua memperhatikan secara detail bagaimana pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada anak. Maka dari itu, untuk memantau perkembangan anak Anda, silahkan simak ulasan berikut mengenai perkembangan bayi usia 4 bulan.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Secara Fisik

  • Berat Badan

Jika dilihat dari berat badan, seharunya di usia bayi 4 bulan, berat badan bayi seharunya sudah 2x lebih besar dari berat badannya ketika lahir. Jadi, catat dengan baik berapa berat badannya ketika lahir dan lihatlah apakah pada usia 4 bulan bayi Anda telah memiliki berat badan 2x lipatnya? Jika bunda rasa berat badan anak tidak tumbuh secara normal maka segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusinya.

  • Indera

Yang bisa Anda perhatikan selain berat badan anak adalah inderanya. Pada usia 3 bulan pertama setelah lahir, biasanya bayi masih sulit untuk membedakan kontras warna. Namun di usia 4 bulan, ini penglihatannya sudah mulai tajam. Bayi akan lebih tertarik pada warna-warna yang lebih mencolok seperti merah atau biru. Selain itu ia juga lebih bisa melihat dan membedakan warna seperti kancing merah di kemeja merah, dan kontras warna lainnya. Selain itu juga, jangkauan penglihatannya juga semakin jauh.

Jika pada usia sebelumnya, mata bayi terlihat seperti juling maka masih wajar. Namun pada usia ini seharusnya matanya tidak juling lagi dan sudah bisa mengikuti objek di sekitar. Nah, jika bunda mendapati gangguan mata pada anak Anda pada usia 4 bulan ini seperti masih juling atau gangguan lain maka Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter anak.

  • Gigi

Perkembangan fisik lainnya yang terjadi pada usia 4 bulan adalah tumbuhnya gigi. Memang umumnya bayi akan mulai tumbuh gigi pada usia 8 bulan, namun ada juga yang pada usia 4 bulan bayi sudah mulai tumbuh gigi. Bunda harus tau tanda-tanda bayi ketika mulai tumbuh gigi yaitu sering menggigit objek atau benda untuk mengurangi rasa gatal, hilang selera makan, sering ngiler dan berliur dan bisa juga sampai diare. Nah, jika gejala-gejala tersebut muncul maka bunda harus tau jika anak sudah mulai tumbuh gigi.

Perkembangan Bayi 4 Bulan Secara Motorik

Selain perkembangan fisik, pada usia 4 bulan bayi juga mengalami perkembangan secara motorik. Perkembangan motorik ini biasanya terlihat dari tingkah polah bayi serta pola komunikasinya. Bayi pada usia 4 bulan mengalami perkembangan secara motorik yang dapat dengan mudah dilihat dan diperhatikan. Lalu apa saja perkembangan yang terjadi pada bayi usia 4 bulan?

  • Memindahkan Benda

Perkembangan motorik yang biasa terjadi pada bayi usia 4 bulan adalah bayi akan semakin terampil dalam memindahkan objek seperti mainan dengan kedua tangannya. Biasanya ketika bunda berada didekatnya, ia sudah bisa meraih rambut bunda atau benda-benda lan yang tergantung di dekatnya.

  • Menahan Kepala

Pada usia 4 bulan, bayi akan semakin baik dalam menahan kepalanya sehingga tidak lagi kesulitan menahan kepala ketika tengkurap. Bayi juga sudah mulai bisa menendang bahkan mendorong dengan kakinya.

  • Tidur

Bayi usia 4 bulan mengalami perkembangan tidur yaitu bisa tidur selama 7 hingga 8 jam setiap malam. Jadi jika ditotal, bayi usia 4 bulan akan mengalami tidur antara 14 hingga 16 jam per hari.

  • Komunikasi

Jangan disangka pada usia 4 bulan, bayi masih belum bisa berkomunikasi dengan orang sekitar. Memang bayi belum bisa berbicara untuk berkomunikasi untuk orang sekitar. Namun ternyata pada usia 4 bulan, bayi sudah mulai menyadari reaksi orang-orang di sekitarnya terhadap tindakannya. Misalnya, bila ia menangis, Anda menghampirinya, bila ia menjatuhkan sesuatu, anda memungutnya. Maka dari itu, untuk membuat komunikasi dengan Anda atau orang sekitar ia akan mulai melakukannya secara berulang kali.

Selain itu, bayi juga sudah mulai berkomunikasi dengan mengekspresikan diri melalui celotehan ooh atau aah, tertawa atau pekikan ketika sedang berkomunikasi dengan Anda. Ia juga bisa tersenyum lebar ketika gembira dan bisa mengalami kaget dan heran.

Nah, ketika bayi sudah memasuki usia 4 bulan maka perhatikan beberapa hal seperti pola baik tidur maupun makan, penglihatan yang semakin baik, pola mengingat sesuatu dan bayi akan lebih memahami sebab akibat yang terjadi. Jika bayi Anda sudah memasuki usia 4 bulan maka, mulailah untuk lebih dekat dan berkomunikasi dengan bayi Anda karena dengan begitu akan membantu juga dalam perkembangan otak anak. Jika beberapa perkembangan bayi usia 4 bulan diatas belum terjadi maka boleh saja Anda mengkonsultasikan ke dokter anak mengenai penyebab dan solusinya. Terimakasih.

 

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply