8 Manfaat Sarapan. Ayo, Jangan Lewatkan Sarapan!

8 Manfaat Sarapan. Ayo, Jangan Lewatkan Sarapan!

Banyak orang melewatkan sarapan karena dianggap kurang penting, terlalu sibuk, maupun bangun terlalu siang. Namun, ternyata sarapan memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh maupun pikiran. Apa saja sih manfaat sarapan dan jam berapakah yang tepat untuk sarapan?

Sarapan sebagai sumber energi awal       

Umumnya, seseorang memulai aktivitas dari pagi hingga sore hari, sehingga untuk mencukupi aktivitas tersebut diperlukan tenaga yang berasal dari makanan maupun minuman. Sarapan membantu Anda untuk tetap memiliki energi saat melakukan aktivitas pagi.

Sarapan membantu mengontrol berat badan

Jika Anda melewatkan sarapan dan memutuskan langsung beraktivitas akan berakhir dengan rasa terlalu lapar saat siang hari. Rasa lapar tersebut membuat porsi makan siang Anda tidak terkontrol dan kebanyakan hanya memanjakan lidah tanpa melihat nutrisinya bagi tubuh. Hal ini berpotensi meningkatkan berat badan.

Sarapan menjaga metabolisme dan daya tahan tubuh lebih baik

Pagi hari ialah saat kadar gula darah pada tubuh rendah karena saat tidur Anda tidak memakan maupun meminum minuman apapun. Karbohidrat yang dikonsumsi saat sarapan merupakan sumber energi awal untuk beraktivitas. Apabila Anda melewatkan sarapan, tubuh akan mengambil cadangan gula dari lapisan otot dan liver yang disebut glycogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang dan dapat menyebabkan sakit maag. Sarapan juga membantu Anda tidak merasa lelah dan lemas, sehingga dapat menghilangkan tingkat kedasaran.

Sarapan meningkatkan konsentasi saat melakukan aktivitas

Tubuh dan pikiran dapat melakukan kerjanya dengan baik setelah sarapan. Saat melakukan aktivitas, asupan gizi awal dari sarapan membantu meningkatkan konsentrasi dan Anda pun dapat beraktivitas dengan baik.

Sarapan membantu menjaga mood

Pastinya Anda pernah melihat teman, keluarga, maupun atasan tidak bersemangat dan moody. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti stress, banyak masalah, pekerjaan menumpuk, maupun lapar. Percaya deh, orang yang lapar akan lebih cepat marah. Oleh karena itu, jangan lupakan sarapan.

Sarapan membantu menjaga pola makan

Banyak penyakit yang ditimbulkan karena pola makan yang buruk, seperti maag dan kolesterol. Sarapan membantu menjaga pola makan tetap terjaga, sehingga berpotensi menurunkan risiko terkena berbagai penyakit tersebut. Namun, tentunya Anda tetap perlu mengontrol jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi agar hasilnya lebih optimal.

Sarapan dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak

Anak-anak sangat membutuhkan nutrisi dari makanan dan minuman yang mereka makan dan minum. Sarapan yang bergizi dapat membantu proses berpikir dan perkembangan otak anak. Selain itu, sarapan juga menghindarkan anak dari rasa lapar saat bersekolah yang dapat memicu jajan yang tidak jelas dan tidak terkontrol fungsi kesehatannya bagi tubuh. Bunda pun dapat lebih tenang menjalani hari.

Sarapan dapat meningkatkan koordinasi tubuh lebih baik

Bagi Anda yang tiba-tiba sering kehilangan keseimbangan tubuh, sarapan sangat penting. Kehilangan keseimbangan tubuh secara tiba-tiba dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti rasa tertekan, kurangnya konsentrasi, memiliki penyakit tertentu, maupun kelebihan berat badan, sehingga kaki kurang mampu menahan beban tubuh. Sarapan dapat menjaga tingkat emosi, meningkatkan konsentrasi, dan membantu mengontrol berat badan Anda lebih baik. Seiring dengan berjalannya manfaat-manfaat sarapan tersebut, koordinasi tubuh juga akan semakin baik. Apabila, koordinasi tubuh Anda tetap tidak membaik sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Jam yang tepat untuk sarapan

Umumnya sarapan dilakukan sebelum melakukan aktivitas. Oleh karena itu, waktu sarapan yang baik sekitar pukul 06.00-09.00.

Sudah tahu berbagai manfaat sarapan bagi tubuh bukan? Ayo ajak teman dan keluarga Anda mengetahui manfaat-manfaat sarapan dan melakukan sarapan. Sudahkah Anda sarapan hari ini?

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply