3 Resep MPASI 6 Bulan Mudah Demi Kebahagiaan si Kecil

3 Resep MPASI 6 Bulan Mudah Demi Kebahagiaan si Kecil

Resep mpasi 6 bulan tidak seharusnya dipandang remeh. Justru kecintaan si kecil terhadap kuliner bermula dari badannya yang kecil. Inilah kenapa, pembaca entah orang atau tidak wajib memperhatikan kualitas hidangan.

Mungkin terbesit di benak pembaca apa yang dimadsud dengan makanan pendamping air susu bunda?

Apabila dijabarkan berarti makanan pendamping air susu bunda, kata pendamping menjadi kuncinya. Orang dewasa seolah sangat terbiasa makan makanan padat seperti nasi campur ayam goreng dan sejenisnya. Perjalanan makanan padat sebenarnya dimulai dari tahap makanan pendamping. Bayi tidak semerta – merta menginginkan makanan padat.

Semakin beranjak dewasa, manusia akan membutuhkan nutrisi yang tidak bisa dipenuhi seluruhnya oleh susu formula saja. Melihat segi norma, tentu akan sangat aneh jika anak yang sudah bukan bayi lagi masih mencari payudara ibunya meminta disusui. Makanan pendamping air susu ibu menjadi tahap yang cukup penting guna membiasakan bayi dengan makanan padat tanpa berkesan memaksa si kecil berhenti menyusui.

Pemberian makanan pendamping air susu bunda pertama kali, umumnya diberikan ketika si kecil menginjak usia 4 bulan sampai dengan 6 bulan keatas. Tentu saja, bunda tidak harus semerta-merta mengikuti angka rata- rata tanpa mengetahui alasannya. Intinya selama bayi sudah mampu duduk tegak, menopang lehernya sendiri, berarti si kecil sudah siap mencoba makanan baru.

Bubur seringkali menjadi pilihan utama. Teksturnya yang lembut, dengan sentuhan rasa beragam memudahkan bayi menerima bahan makanan. Kendati demikian, tentu faktor ‘memuaskan lidah’ harus diperhatikan. Beberapa bubur dibawah ini bisa jadi inspirasi pembaca untuk menghidangkan makanan pendamping berupa bubur berkualitas nan lezat.

Bubur bunga kol

Bunga kol merupakan salah satu jenis sayuran yang paling mudah dijumpai dan dikonsumsi. Teksturnya yang sangat mudah dimodifikasi, kurang mendapat sorot ketenaran dibanding yang lain. Padahal, bukan berarti bunga kol tidak punya kelebihan tersendiri. Meski rasanya tergolong hambar sekalipun, pembaca bisa menyulap bunga kol menjadi bubur lezat tanpa mengeluarkan peluh keringat.

Kol umumnya dimasak sebentar bersama dengan sayuran lain, atau sekedar pembalut tumpukan bahan masakan. Potensi kol jangan sampai tersembunyi, karena si kecil akan memperoleh kesehatan dengan konsumsi bunga kol. Caranya sangat mudah, pembaca cukup kukus bunga kol yang sudah dipotong kecil kecil hingga empuk kemudian hancurkan menggunakan blender. Tambahkan sedikit air susu ibu atau susu formula untuk penambah rasa.

Bubur kacang polong

Tidak dapat dipungkiri, kacang polong memang bukan bahan makanan yang membangkitkan selera. Namun mengingat adanya vitamin A, C, zat besi, dan protein dalam satu biji kacang polong tentu penampilan bukan lagi bahan pertimbangan bagi orang tua. Tenang saja, resep satu ini membuat kacang polong terlihat seperti makanan pendamping asi 6 bulan enak yang cukup menggairahkan dengan warna hijau terang.

Pembaca  akan memerlukan ¾ cangkir kuah sayur, Sejumput daun thyme, 1 sendok mentega, ½ cangkir air susu, 1 sendok tepung, ¾ cangkir kacang polong dan ¼ cangkir bawang putih. Sebagai catatan, air susu yang dimadsud bisa menggunakan susu formula apabila air susu ibu tidak tersedia dan sebaiknya bawang putih telah dipotong kecil – kecil agar memudahkan.

Bubur nasionalis

Mari diakui bahan pokok utama dari tanah air tercinta Indonesia adalah beras . Sampai – sampai ada istilah kalau belum makan beras  berarti belum kenyang. Tidak salah juga, selain memang beras  mudah dimakan serta dimasak, cara menanam padi cikal bakal beras sangat mudah di Indonesia. Maka dari itu, bubur tanah air disini akan menggunakan beras sebagai satu -satunya bahan serta bintang utama.

Bila pembaca  termasuk orang tua yang sangat ingin menjaga kesehatan bayi, pembaca  bisa memilih beras  merah. Seperti yang telah pembaca  dengar, beras merah memiliki lebih banyak manfaat bila dibandingkan dengan beras  putih. Tapi, menggunakan beras putih sebenarnya tidak ada masalah untuk cara memasak mpasi 6 bulan satu ini, toh di lidah sama enaknya.

Bahan yang pembaca  butuhkan bukan beras mentah melainkan beras yang sudah dijadikan bubuk. Pembaca  hanya bergantung pada teknologi untuk membuat bubuk beras yakni blender yang cukup kuat untuk menghancurkan bahan keras seperti beras.

Pertama pembaca  mencuci beras hingga bersih kemudian keringkan agar beras tidak lagi lembab. Baru pembaca  bisa menghancurkan beras hingga menjadi bubuk dengan menggunakan blender berkekuatan tinggi.

Asal pembaca  tahu saja, bubuk beras bisa bertahan hingga 6 bulan lamanya selama disimpan dalam wadah yang ditutup rapat. Kalau pembaca  merasa membuat bubuk beras terlalu rempong, sudah banyak beredar bubuk beras di pasaran siap beli. Tentu saja, bila pembaca  memutuskan beli tentu memakan biaya lebih tinggi, kecuali jika pembaca  harus membeli blender canggih.

Ketika bubuk beras siap, cara pembuatan bubur tanah air hanya membutuhkan bahan kedua yakni air bersih.  Seperti membuat bubuk bayi biasa, pembaca  hanya perlu memanaskan air lalu melarutkan bubuk beras di dalamnya. Aduk hingga membentuk konsitensi kental layaknya bubur namun tidak terlalu kental.

Ingat, resep bubur bayi diperuntukkan bagi bayi yang masih bergigi lemah sehingga pembaca  ingin benar – benar lembek meski bukan cair. Sentuhan akhir agar bubur bayi nusantara terasa familiar, kunci resep mpasi 6 bulan yakni menambahkan air susu ibu ke dalamnya atau susu formula jika bayi lebih suka susu formula, manapun pilihan bunda.(HN)

 

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply