3 Metode Menghitung Usia Kehamilan Dengan Lebih Akurat

3 Metode Menghitung Usia Kehamilan Dengan Lebih Akurat

Mengharapkan kehadiran buah hati terkadang membutuhkan perjuangan. Terus mencoba beragam program kehamilan belum membuahkan hasil instant tentu hal biasa. Begitu test kehamilan dinyatakan positif tentu hati melonjak gembira. Pertanyaan muncul biasanya seputar menghitung usia kehamilan saking tidak sabar melihat senyum si kecil.

Dunia kedokteran sendiri kurang bisa menyatakan posisi usia janin secara akurat. Pertemuan sperma dengan sel telur pertama kalinya dimana kencan antar keduanya sukses tidak bisa dilihat secara kasat mata. Namanya mahluk berakal, hanya karena sesuatu tidak bisa dilihat bukan berarti tidak bisa dicari tahu. Berikut ini adalah metode menghitung usia kehamilan dengan akurasi yang mendekati kemungkinan terbesar:

Metode pertama merupakan hasil konfrensi pers perkumpulan ahli dan dokter kandungan di Amerika serikat, dengan keyakinan bahwa usia konstrasepsi paling mendekati di siklus menstruasi terakhir. Kebanyakan orang menunggu beberapa hari sejak menstruasi telat baru melakukan tes kehamilan, dan inilah perhitungan yang dimanfaatkan.

Last menstrual period (LMP) percaya bahwa pertemuan pertama sperma dan indung telur adalah penyebab utama seseorang mengalami keterlambatan menstruasi. Bagi perempuan yang tetap mengecek siklus datang bulan pasti tidak kesulitan untuk memakai metode Last menstrual period  selama paham bagaimana cara menghitungnya.

Supaya memudahkan pengertian, mari diambil contoh. Apabila seorang perempuan dinyatakan hamil secara positif di bulan keempat semenjak terlambatnya siklus menstruasi, maka berarti menstruasi terakhir dihitung lima minggu. Kenapa ? terlambatnya menstruasi bisa berbeda – beda bagi semua orang sehingga tambahan 1 minggu bisa menempatkan siklus dalam garis aman. Ditambah dengan 2 maka hasil usia kehamilan ditemukan, cukup mudah bukan ?

Akurasi metode LMP sebenarnya tidak terlalu jelek. Penjelasan diatas tentu kurang meyakinkan, keraguan semacam bagaimana kalau saya salah hitung atau siklus datang bulan saya memang tidak teratur dari sananya misalnya. Nah, untuk makin meningkatkan kualitas perhitungan ada satu langkah lagi yang ditambah supaya makin baik.

Bunda bisa meminta pemeriksaan ultra sound kandungan. Tujuan ultra sound  satu ini bukan melihat kondisi janin yang sudah bergerak atau berbentuk ‘manusia’ melainkan hanya ingin mengukur seberapa besar janin saat ini terlepas dari bentuknya yang masih tak beraturan. Pastikan bunda tahu ukuran dan berat badan janin.

Kehamilan yang beragam dengan kebiasaan berbagi di situs sosial membuat banyak bunda update perkembangan janin hasil ultra sound. Bandingkan foto janin (ukuran dan berat) dengan janin lainnya. Lewat perbandingan tersebut bunda bisa tahu kira – kira umur janin berapa ditambah minggu menstruasi tak kunjung datang. Seperti rumus sebelumnya hasil pertambahan itulah yang menjadikan patokan usia kehamilan.

Berbicara mengenai ultra sound, ada juga metode dengan memanfaatkan ultra sound secara maksimal. Harap dipahami tidak semua orang peduli akan siklus menstruasi. Beberapa perempuan hanya menganggap menstruasi hanya pertanda bahwa belum hamil, tidak lebih dari itu. Datang bulan hanya tamu mendadak yang hanya perlu disambut tanpa habis pikir akan prediksi kemunculannya.

Mengingat metode last menstruation period (LMP) berbasis menstruasi terakhir, tidak semua orang bisa menggunakannya, apalagi golongan perempuan yang malas tracking datang bulan. Kalau memang punya kocek yang tidak sedikit, ultra sound bisa menjadi pilihan. Tidak hanya ultra sound tidak bikin pusing namun juga cepat menghemat waktu.

Ultra sound untuk mengetahui usia kandungan biasa digunakan setelah perempuan dinyatakan ‘berbadan dua’. Bunda akan diminta tiduran dan menyerahkan segalanya pada teknologi medis jaman kini. Prosesnya pun tidak memakan lama serta tidak bikin pusing. Setelah mendapat gambar janin, dokter akan melakukan perhitungan lalu memberi tahukan kepada bunda.

Dibalik layar, cara kerja dokter dengan ultra sound gampang – gampang susah. Dunia kedokteran berhasil menemukan perkembangan janin yang cukup pasti dengan mengamati banyak kelahiran selama bertahun – tahun. Bentuk janin serta ukurannya akan diamati dengan hati – hati, sambil membandingkan perkembangan pada janin pada hasil studi. Kemudian dokter akan menimbang kemungkinan janin terbentuk baru membuat laporan.

Akurasi ultra sound  bisa dibilang cukup baik. Jika bunda masih kurang puas juga, masih ada metode lagi yang layak coba. Seorang pria kelahiran dua belas juli seribu tujuh ratus tujuh puluh tujuh asal German, bernama Franz Karl naegele menempuh hidup sebagai ahli janin. Dirinya memiliki dedikasi guna menemukan cara perhitungan usia kehamilan.

Pada jaman itu, tidak ada perempuan bisa tahu kapan buah hatinya lahir. Persalinan mendadak sudah sangat umum terjadi, membuat kepanikan yang terlihat normal. Tentu hal ini meresahkan banyak pasangan maupun dunia medis sendiri. Dokter Naegele mengambil langkah guna mempelajari tingkat kelahiran mendadak.

Mengambil sampel statistic kelahiran mendadak yang ada dihubungkan dengan siklus menstruasi. Ternyata memang ada hubungan kuat antar siklus menstruasi dengan pembuahan. Penuh semangat, buku dokter Naegele berjudul Lehrbuch der Geburtshilfe terbitan tahun seribu delapan ratus tiga mencapai 14 edisi. Penemuan Naegele langsung menjadi sorotan para perempuan pada masa itu hingga studi mencoba melakukan penelitian konfirmatif.

Kemungkinan akurasi metode Naegele cukup sulit dibantah menjadikan cara satu ini sangat populer hingga kini. Berbeda dengan MLP, Naegele tidak mengambil jalur tengah dalam perhitungan.

Sekali dinyatakan hamil, cobalah memperkirakan hari bersalin yakni 9 bulan dari sekarang. Tambahkan hasilnya dengan 38 minggu sebelum dinyatakan hamil dengan asumsi siklus menstruasi normal. Bila bunda menggunakan jasa dokter, beritahu kalau siklus menstruasi tidak teratur jika menggunakan metode menghitung usia kehamilan.

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply