10 Catatan Penting Demi Sesi Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman

10 Catatan Penting Demi Sesi Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman

Tidak ada yang melarang pelaksanaan olahraga untuk ibu hamil. Justru, kebanyakan ahli kesehatan mengacungkan dua jempol bagi perempuan mengandung yang berani berolah tubuh. Tubuh yang terlatih setiap harinya cenderung lebih mudah dan cepat dalam bersalin menjadi argumentasi yang cukup kuat.

Manfaat berolahraga di kala hamil memang ada banyak. Bukan sekedar tubuh bunda yang semakin segar nan bugar, namun tersembunyi pelatihan luar biasa yang memudahkan kebersamaan bunda dengan janin. Penelitian membuktikkan bunda yang rajin olah tubuh akan merasa minim stress, sakit melahirkan berkurang, serta persalinan lebih lancar. Namun ada catatan yang harus diperhatikan.

Layaknya semua jenis olahraga, tidak selamanya segala sesuatu dilakukan sembarangan. Termasuk olah tubuh di saat hamil punya tata krama sendiri. Sayangnya aturan olahraga di kala hamil banyak dilanggar meski dampaknya akan cukup besar. Apa sajakah?

  • Konsultasi dokter

Mari diakui bahwa lulus menyandang gelar dokter tidaklah mudah. Kalau tidak percaya, perhatikan saja mahasiswi dan mahasiswa kedokteran. Rasanya hidup mereka kurang puas kalau belum begadang.

Sebagai seorang pasien yang hanya memahami sejumput dinamika kesehetan, seharusnya memanfaatkan jasa dokter semaksimal mungkin wajar dilakukan. Apalagi, bila harus melalui antrean panjang dengan prosedur berliku. Tanyakan apa saja, termasuk persoalan olahraga di kala hamil.

  • Pakaian longgar

Perempuan ingin tampil seksi dan cantik untuk diri sendiri adalah wajar. Mencuri pandang ke cermin di kala berolahraga sudah jadi rahasia umum. Perusahan penyedia produk olah tubuh seolah menangkap kesempatan satu ini. Terbukti, sebagian besar atribut olahraga kaum hawa sangat menonjolkan lekuk indah perempuan.

Jangan buru-buru mengikuti hasrat berpakaian seksi walau demi kepuasan sendiri. Kehamilan berarti sebagian tubuh membesar. Otomatis keringat akan bertambah deras terutama pada saat olah tubuh. Dibanding memilih pakaian yang mengikuti jaman, sebaiknya pikirkan aspek kenyamanan di kala mengandung.

Pakaian longgar berbahan katun bisa menjadi pilihan yang pas. Pastikan pula bunda mampu bernafas dan bergerak bebas. Ingat, kalau bunda nyaman, bayi senang.

  • Sepatu musti pas

Entah konsep apa yang dianut, tapi fenomena sepatu kebesaran sering nampak di pusat olahraga. Bisa jadi mereka tidak sadar, atau memang sengaja. Barangkali, pemikiran lebih hemat kalau sepatu lebih longgar, jadi kalau kaki membesar tidak masalah, menetap di kepala. Padahal, sepatu kebesaran cukup berbahaya.

Mengenakan sepatu kebesaran berarti membiarkan kaki bergerak lebih leluasa dalam ‘kandang’. Artinya tidak ada naluri tajam apabila tulang mendekati resiko cedera. Berbeda dengan sepatu pas, dimana ketika kaki tidak merasa nyaman, pemilik tubuh akan segera tahu. Berhubung janin dalam kandungan bergantung pada bunda, mungkin ini saatnya memeriksa kualitas sepatu sebelum olah raga.

  • Air minum wajib dibawa

Tubuh manusia sembilan puluh persen terdiri dari air. Ini artinya, bila tubuh kekurangan air, akan ada banyak malfungsi dalam tubuh. Terutama di saat hamil, air diperlukan untuk menjaga tubuh bunda tetap segar dan bugar.

Selalu pastikan sebelum berangkat botol berisi air minum selalu terbawa. Minimal, pastikan bunda punya rencana cadangan untuk memperoleh akses air. Ingat, tubuh manusia yang tidak hamil saja gampang lemas tanpa adanya air, terlebih bunda yang punya calon manusia berkembang dalam tubuhnya.

  • Pemanasan

Olahraga akan menuntut gerakan yang cepat, dan membutuhkan kelincahan. Artinya, tubuh harus bersiap akan adanya ketidakpastian. Minimal, tulang dan otot sudah bersinergi dengan baik sebelum bunda mulai melatih tubuh. Salah satu cara yang disarankan adalah pemanasan. Sesuai namanya, pemanasan membuat tubuh lebih rileks dan lentur, siap menghadapi rangkaian gerak rumit.

  • Istirahat cukup

Semua orang punya batas, baik secara fisik maupun mental. Bunda hamil boleh saja mantan atlet, atau punya hobi angkat beban sebelum mengandung. Satu hal yang pasti, jangan pernah memaksakan diri sampai lupa istirahat.
Endorphine yang dilepaskan otak ketika capek berolahraga memang menyenangkan. Mata terbuka, otak fokus, dan kinerja tubuh lebih lancar. Kendati demikian, bukan berarti bunda ketagihan tanpa memperhatikan kemampuan tubuh, ya!

  • Pahami konsep gravitasi

Grativasi merupakan daya Tarik bumi yang mendorong segala sesuatu mengarah ke bawah. Kemampuan manusia saja yang membuat tubuh hamil bisa berdiri dengan tegak. Kendati demikian bukan berarti bisa bergerak seenaknya. Kalau sedang hamil tua, usahakan jangan menantang grativasi melalui gerakan aneh.

 

  • Terus terang

Tidak semua orang pakar olahraga, maka dari itu kelas diciptakan. Dalam kelas umum, instruktur akan mencoba mengambil sudut pandang secara garis besar. Tidak mungkin di antara perempuan sebanyak itu, instruktur bisa menangkap siapa yang salah dan siapa yang benar.

Gerakan yang salah jelas membuat cedera. Sayangnya, kadang pelaku hanya diam lantaran malu. Padahal, bunda sangat diperbolehkan untuk bertanya. Toh, sudah bayar, tentu tidak mau kalau harus hadapi cedera.

  • Makan yang tepat

Tidak ada artinya pergi ke pusat kebugaran setiap hari, bila energi tidak tercukupi. Sebetulnya, bagian paling menantang dalam pola hidup sehat bukan olahraga, melainkan pola makan. Ya, tak dapat dipungkiri bahwa peran menu makanan akan menentukan hasil olah tubuh.

Perempuan hamil akan membutuhkan asupan mineral dan vitamin yang seimbang. Inilah mengapa, banyak sekali catatan yang harus diingat bunda demi kelancaran kehamilan. Bahkan, beberapa bunda sampai menjalani aturan makan demi memastikan sesi olahraga untuk ibu hamil membuahkan hasil maksimal.(HN)

 

Author

Related

Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Post Reply